Nagari Tujuah Koto Talago


  • Sejarah

Umumnya sejarah Nagari di Minang Kabau senantiasa mencari rujukan Nagari tertua di Minangkabau, Pariyangan. Nagari ini merupakan titik awal berkembangnya nagari lain di Minangkabau. Oleh karena itu penghulu yang ada ini dapat penghormatan lebih besar dibandingkan nagari lainnya. Demikianlah halnya dengan sejarah Nagari Tujuah Koto Talago, masyarakat Nagari Tujuah Koto Talago berasal dari Pariangan Padang Panjang

Pada waktu itu , sekelompok orang dari dari Pariayangan turun ke Gunung Sago. Dalam persepektif kosmogoni, gunung yang selalu dianggap sacral selalu memiliki makna mendaki ( yang berarti lebih tinggi ) jika dipandang dari tempat lainnya. Dilereng Gunung Sago ada satu Nagari yang disebut Padang Siontah. Dari Padang Siontah masyarakat kemudian menyebar ke beberapa wilayah. Ada yang sampai ke Rumbio, Riau, Salo, Air Tiris, Bangkinang dan Kuok. Diantara itu ada 24 orang yang sampai ke daerah Talago. Pada waktu itu tentu saja belum ada nagari dalam pengertian yang utuh. Rombongan orang-orang tersebut dipimpim oleh Dt. Mandaro. Sesampainya ditempat itu, masyarakat mulai menetap dan terbentuklah Taratak, dusun, koto, akhirnya menjadi Nagari. Kemudian mereka membuat semacam struktur pemerintahan yang sangat sederhana. Pucuk pimpinan adat di pegang Datuak Panduko Tuan, setelah berkembang di Talago, kemudian kelompok masyarakat tersebut pindah ke Ampang Godang. Disini mereka mendirikan pucuak adat yang dipimpim oleh seorang datuak pucuak yang bernama Datuak Karaing. Kebesaran Datuak Karaing ditunjukkan melalui kekuasaannya atas wilayah atau rimbo. Jadi untuk setiap penggunaan tanah di Negeri Tujuah Koto Talago, haruslah mendapat izin dari Datuak Karaing terlebih dahulu.

      Penduduk yang semakin bertambah membuat mereka mereka meluaskan pemukimannya, yakni dengan pindah ke Tanjung Jati. Datuak Pucuak di Daerah ini bernama Bosea Nan Elok . Kebesaran Datuak ini adalah pada pakaian. Setelah itu munculah Koto Baru yang dinamakan Koto Kociak. Datuak Pucuaknya  bernama Datuak Tan Marajo. Dia memiliki kekuasaan atas Arak iriang. Artinya kalau ada upacara adat, Datuak inilah yang berwenang mengaturnya. Akhirnya tumbuh Koto Baru yang diberi nama Sipingai. Kekuasaan Datuak Tan Marajo meliputi KotoKociak dan Sipingai, sedangkan Datuak Karaing berkuasa atas Padang Kandi, Padang Jopang, dan Ampang Godang.

Sampai sekarang ninik mamak yang ada di Nagari Tujuah Koto Talago berjumlah sekitar 255 orang. Mereka berada dibawah kaompek suku nagari yang terdiri dari Datuak Panduko Tuan, Datuak Karaing, Datuak Basa Nan Elok dan Datuak Tan Marajo.

Pucuak Adat Nagari Tujuah Koto Talagoatau disebut juga Rajo Adat, adalah Datuak Bandaro Nan Itam. Sebagian informasi tentang sejarah dan Adat Nagari Tujuah Koto Talago, tersurat dalam tambobertuliskan arab melayu yang sekarang berada di tangan Rajo adat tersebut.

        Asal Usul nama Talago dihubungkan dengan unsure alam. Pada masa dahulu , di daerah ini terdapat mata air yang disebut Talago. Menurut pengertian adat talago merupakan satu kumpulan yakni kumpulan Adat. Seluruh adat pusatnya di Talago. Jadi Koto Talago ini merupakan tempat pengambilan keputusan adat Nagari. Istilahnya “ Gontiang itu putuih, biang itu cabiak “ Jika sesuatu tidak putuih ( tidak bisa diselesaikan ) maka dibawa ke aia Tabik. Di aia Tabik ini ada Balai Jariang yang fungsinya utnuk menjaring hal-hal yang tidak bias diselesaikan. Hubungan dengan Aia Tabik ini berkaitan dengan Rajo yang Balimo terdiri dari :

1)            Rajo Dironah yang berada di Talago

2)            Rajo Dihulu yang berada di Situjuah

3)            Rajo di Lareh yang berada di Sitonang

4)            Rajo di yang di Sondi yang berada di Payokumbuah

5)            Rajo di Luak yang berada di Aia Tabik

      Pada masa kolonialisme Belanda di Nagari Tujuah Koto Talago ada seorang pejuang yang gagah berani, namanya Sijambi bergelar Angku Nan Biru. Dia masih keturunan Datuak Mandaro, Sijambi merupakan penganut agama Islam yamg fanatic. Menurut kisah dia orang yang kebal terhadap peluru hingga penjajah sulit untuk membunuhnya. Akhirnya dia terbunuh dengan sebilah pisau. Itu terdapat dalam tubuhnya yang berkarung. Jadi itulah yang dimaksud dengan gelanggang si Jambi atau galanggang Angku Nan Biru.

Pada masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan Nagari Tujuah Koto Talago tercatat dalam sejarah. Daerah ini termasuk rute perjalanan PDRI, dibawah pimpinan Syafrudin Prawiranegara. Beliaubergerilya dari satu tempat ketempat lain setelah Jokyakarta, ibu Negara jatuh ke tangan Belanda. Tugu PDRI yang berdiri tegak disamping disamping Koto Kociakmenjadi bukti sejarah.  Ikatan cultural masih terjalinterjalin dengan erat antar desa,. Contoh yang paling nyata dari hal ini adalah manyangkut dengan kepemilikan tanah khususnya tanah ulayat. Tanah orang Koto Kociak banyak terdapat di Sipingai, sedangkan tanah orang Ampang Godang berada di Padang Kandi, sawah orang Sipingai ada di daerah Talago demikian seterusnya.

Nagari Tujuah Koto Talago berawal dari sampainya rombongan yang tujuah di Talago dipimpin oleh DT Bandaro Hitam, membentuk taratak, dusun, koto dan akhirnya Nagari dengan sistem kepemerintahannya.  Pucuk Pimpinan adat dipegang oleh Dt Panduko Tuan, setelah penduduk berkembang di Talago selanjutnya kelompok masyarakat tersebut pindah ke Ampang Gadang. Di Ampang Gadang mereka mendirikan pucuk adat sendiri yang dipimpin oleh seorang Datuak Pucuk yang bernama  Datuak Karaing ditunjuk melalui kekuasaannya atas wilayah dan rimbo, jadi untuk setiap penggunaan tanah di Nagari Tujuah Koto Talagoharus terlebih dahulu mendapat izin dari DT karaing. Karena penduduk berkembang maka permukinan diperluas, sebagian penduduk pindah ke Tanjung Jati dengan Datuak Pucuk  bernama Datuak Bose Nan Elok, kebesaran Datuak Bose Nan Elok adalah pada Pakaiannya. Setelah itu pendududk makin berkembang sehingga muncul koto baru yang diberi nama Koto Kociak dengan Datuak Pucuknya bernama Dt. Tan Marajo yang memiliki kekuasaan yang mengatur jalanya upacara arak iring.

Dengan seiring perjalanan waktu dan bertambahnya penduduk, maka bertambah pula terbentuknya koto yang baru yaitu yang diberi nama Sipingai,  Kekuasaan Dt Tan Marajo meliputi Koto Kociak dan Sipingai. Datuak Karaing berkuasa atas Padang Kandi, Padang Jopang, dan Ampang Gadang dengan adanya Tujuah Koto, maka pemuka adat semasa itu memberi nama dengan Nagari Tujuah Koto Talago.

Dan pada tahun 1979 sampai 2000 sistim Pemerintahan Desa waktu itu terdiri dari 7 Desa yaitu : Desa Talago, Desa Ampang Godang  , Desa Tanjung Jati , Desa Koto Kociak, Desa  PadangKandi, Desa Sipingai dan Desa Padang Jopang. Pada tahun 2001 terjadi perobahan Pemerintahan dari Desa kembali Kenagari sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota Nomor 01 Tahun 2001 dan terjadilah pemekaran 7 Desa menjadi 7 Jorong satu Kenagarian yaitu Nagari Tujuah Koto Talago pada tanggal 29 Pebruari 2001

                                 Tabel 19Sejarah Kepemimpinan Nagari Tujuah Koto Talago

No

Nama / Gelar

Masa/Waktu

Asal Jorong

1

Tunus Dt. Bandaro Panjang (Tuk Palo)

 

Tanjung Jati

2

Achmad Chatib Dt. R. Pangulu (Wali Perang )

1948-1950

Ampang Godang

3

Saadut Dt. Bandaro Hitam

 

Talago

4

Idrus Dt. Tan Emas

 

Padang Jopang

5

Syarkawi Zaini

1952 -1957

Koto Kociak

6

Alwizar Dt. Bijo

 

Padang Jopang

7

Sofyan

 

Sipingai

8

H. Al Munir

 

Sipingai

9

Radilas

 

Ampang Godang

10

H.Ahmad Khatib Dt. Putih

 

Ampang Godang

11

H. Zawawi Salim

       -1983

Koto Kociak

12

Drs. Syaiful Bardi Dt. Mongguang

2001-2005

Koto Kociak

13

Yon Hendri, SS (Pjs)

2005-2007

Ampang Godang

14

Drs, Hasbi Zuhdi

2007-2010

Tanjung Jati

15

Khairul Andri ( Pjs)

2010-2011

Koto Kociak

16

Yon Hendri, SS

2011-2017

Ampang Godang

17

Errizulman ( Pjs)

2017-2018

Padang Jopang

18

Yon Hendri, SS

2018-2024

Ampang Godang

 

 

  • Batas Wilayah

Nagari Tujuah Koto Talago dibatasi oleh wilayah di sebelah Utara yaitu Nagari Jopang  Manganti dan Talang Maur  Kecamatan  Mungka, disebelah selatan dengan nagari Kubang Kecamatan Guguak dan sebelah Barat berbatasab dengan Nagari Limbanang Kecamatan Suliki, di sebelah Timur Berbatasan dengan  Guguak VIII Koto  Kecamatan Guguak

  • Luas Wilayah dan Topografi

Luas daerah 21 Kilometer Persegi atau seluas 21.000 Hektar

Jumlah Jorong : 7 (Tujuh)

  • 1).Jorong Talago
  • 2).Jorong Ampang Godang
  • 3).Jorong Tanjung Jati
  • 4).Jorong Koto Kociak
  • 5).Jorong Padang Kandi
  • 6).Jorong Sipingai
  • 7).Jorong Padang Japang

Dataran Tinggi Nagari Tujuah Koto Talago secara Geografis terdiri atas wilayah perbukitan bergelombang yaitu Jorong Padang Kandi, Jorong Sipingai  dan Jorong Tanjung Jati.  Dataran  yaitu Talago, Ampang Gadang ,Koto Kociak dan Padang Jopang . Ketinggian daerah sekitar 500-600 meter diatas permukaan laut.

  • Sarana Perkantoran, Sekolah dan Sarana Umum Lainnya

                           Tabel Tabel 20 Sarana Perkantoran, sekolah dan sarana umum lainnya

NO

JENIS

JML.

KET.

1

Kantor Wali Nagari

1

Hak Milik

2

Kantor KAN

1

Hak Milik

3

Kantor Jorong Talago

1

Hak Milik

4

Kantor Jorong Ampang Godang

1

Hak Milik

5

Kantor Jorong Koto Kociak

1

Hak Pakai

6

Kantor Jorong Tanjung Jati

1

Hak Milik

7

Kantor Jorong Padang Kandi

1

Hak Pakai

8

Kantor Jorong Sipingai

1

Hak Milik

9

Kantor Jorong Padang Jopang

1

Hak Milik

10

Gedung SD

11

Hak Milik

11

Gedung SLTP

7

Hak Milik

12

Gedung SLTA

5

Hak Milik

13

Islamic Bording Scooll ( SD, SLTP )

1

Hak Milik

14

SLB ( Sekolah Luar Biasa ) SD,SMP

1

Hak Milik

15

Rumah Sakit Kumunitas Lansia

1

Hak Milik

16

Puskesmas

1

Hak Pakai

17

Pustu

3

Hak Milik

18

Polindes

7

Hak Pakai

19

Poskesri

7

Hak Milik

20

Pos Kamling

7

Hak Milik

21

Mesjid

9

Hak Milik

23

Musholla/Surau

28

Hak Pakai

24

Pasar Nagari

2

Hak Pakai

25

Jembatan

3

Hak Pakai

26

Lapangan Bola kaki

4

Hak Pakai

27

Lapangan Voli Ball

10

Hak Pakai

28

Lapangan Bulu Tangkis

3

Hak Pakai

 

  1. Sarana Pendukung Perekonomian

Tabel 21 Sarana pendukung perekonomian nagari :

NO

JENIS

JML.

1

Heler berjumlah

32  buah

2

Pasar Nagari

2  buah

3

Perbankkan ada

2  buah

4

Mini Market

2  buah

5

Toko  buah

32  buah

6

Rumah Makan

9  buah

7

Warung /Kedai

146 buah

8

Koperasi 

4 unit

9

LKMA

3 unit

10

KMN

1 unit

11

Kelompok Tani/ikan/perkbn/Ternk/Hut  

83 unit

12

Gapoktan

3 unit

13

Kelmpok Informasi Masyarakat

1 unit

 

Tabel 22Data Koperasi dan  BMT 

Nama Koperasi

Jumlah Anggota

Unit Usaha

KUN  Talago I

450

Simpan Pinjam,Pembayaran Rek, Listrik dan Waserda

KUN Talago II

1.599

Rice Milling Unit ( RMU), Warnet, Wartel, jasa angkutan dan simpan pinjam

Kopwan Koto Kociak

600

Simpan Pinjam, Warnet dan Waserda

Solang Tenggang

300

Simpan Pinjam

BMT DFA

150

Simpan Pinjam

KWS Tanjung Jati

450

Simpan Pinjam

KMNagari

250

Simpan Pinjam

 

                Sedangkan Industri kecil skala usaha rumah  tangga yang berkembang di Nagari Tujuah Koto Talago adalah industri pengolahanhasil pertanian dan perternakan berupa usaha Rubik Genepo, kue kering, kue bolu,  rendang,  dimana usaha tersebut yang telah bergabung kedalam kelompok, industri perabot,sulaman dan usaha makanan lainnya .

  1. Pendidikan

Pedidikan memegang peranan penting untuk mencerdaskan masyarakat, dengan masyarakat yang berpendidikan dapat memajukan bangsa, begitu juga Nagari Tujuah Koto Talago yang mana berkomitmen mendapatkan pendidkan yang layak dan baik agar tidak buta huruf, sejak zaman belanda diman sudah berdiri lembaga Pendidikan yaitu Darul Funun El Al Basyiah dan Tarbiayah Islamiah di Jorong Padang Jopang, bearti betapa pedulinya masyarakat Tujuah Koto Talago terhadap Pendidikan dan hasilnya memang terlihat dimana banyaknya melahirkan orang-orang pintar seperti Profesor dr Kamardi Talud, Profesor Drs.H. Erman Mawardi, Dipl AIT , Profesor Genefri, Prof Dewi Fortuna Anwar, Prof Syafrudin Karimi, Prof Helmi, Prof Suardi Tarumun dan Prof Nursiwan Hasan yang merupakan putra asli Tujuah Koto Talago.

Pendidikan Umum yang ada di Nagari  Tujuah Koto Talago yaitu TK, SD, SLB, SMP dan SLTA keberadaan sekolah tersebut sudah banyak memberikan kontstribusi terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia penduduk Nagari Tujuah Koto Talago, memberikan kehidupan yang lebih baik dimasa yang akan datang, untuk lebih jelasnya potensi yang dimiliki dibidang pendidikan di Nagari Tujuah Koto Talago dapat dilihat sebagai berikut:

 

 

 

  • Taman Kanak-Kanak

Tabel 23Data sekolah Taman Kanak-kanak di Nagari Tujuah KotoTalago

 NO

Nama Sekolah

Jorong

Jml Guru

(Orang)

Jml Murid

(Orang)

Rasio Guru

Dan Murid

1

TK/ Paud Aisyah

Talago

7

55

12,7%

2

TK/ Paud Pendidikan Islam

Tanjung Jati

5

60

 

3

TK/Paud  Bundo Kanduang

Ampang Gadang

5

30

16,7%

4

TK/ Paud Cerdas

Koto Kociak

4

18

22,2%

5

TK/ Paud Tunas Harapan

Padang Jopang

5

23

21%

6

TK/ Paud ALHidayah

Padang Kandi

1

12

8,3%

7

TK Permata bunda

Sipingai

3

15

20%

 

Tabel 24Sarana dan Prasarana TK di Nagari Tujuah Koto Talago

NO

Nama Sekolah

Jorong

Gdg

Jml Ruang

Tempat Bermain

1

TK/ Paud Aisyah

Talago

1

4

Ada

2

TK/Paud Pendidikan Islam

Tanjung Jati

1

4

Ada

3

TK/Paud B.Kanduang

Ampang Gadang

1

3

Ada

4

TK/ Paud Cerdas

Koto Kociak

1

3

Ada

5

TK/ Paud Tunas Harapan

Padang Jopang

1

3

Ada

6

TK/ Paud ALHidayah

Padang Kandi

1

3

Ada

7

TK Permata bunda

Sipingai

1

2

Ada

 

  • Pendidikan Dasar                                                                

                       Tabel 25Data Sekolah Dasar di Nagari Tujuah Koto Talago T.A 2019

 

NO

Nama Sekolah

JmL Guru (Orang)

Jml Murid

(Orang)

Rasio Guru

Dan Murid

 

KET

1

SDN 01 Tujuah Koto Talago (TJ Jati)

PNS : 8

HNR: 3

115

9,6 %

 

2

SDN 02 Tujuah Koto Talago (Padang Jopang)

PNS : 8

HNR: 5

182

7,1

 

3

SDN 03 Tujuah Koto Talago (Padang Kandi)

PNS : 8

HNR: 3

101

10,9

 

4

SDN 04 Tujuah Koto Talago (Ampang Godang)

PNS : 6

HNR: 5

123

8,9 %

 

5

SDN  05 Tujuah Koto Talago (Koto Kociak)

PNS : 9

HNR: 3

155

7,7 %

 

6

SDN 06 Tujuah Koto Talago (Sipingai)

PNS : 5

HNR: 3

118

6,7 %

 

7

SDN 07 Tujuah Koto Talago (Talago)

PNS : 8

HNR: 2

110

9,1 %

 

8

SDN 08 Tujuah Koto Talago (Ampang Godang)

PNS : 5

HNR: 3

53

15 %

 

9

SDN 09  Tujuah Koto Talago (Koto Kociak)

PNS : 6

HNR: 5

45

24 %

 

10

SDN 10 Tujuah Koto Talago (Tanjung Jati )

PNS : 7

HNR: 3

83

12 %

 

11

Yayasan Fajar Hidayah

 

 

 

 

 

  • Sekolah Menengah  Pertama

                Di Nagari Tujuah Koto Talago terdapat 4 (empat) sekolah SLTP yaitu SLB, MTSN, Darul Funun El Albasyiah, MTI Tabek Gadang dan Fajar Hidayah yang terletak di Jorong Padang Jopang , keberadaan SLTP ini menanpung tamatan SD yang ada di Nagari Tujuah Koto Talago. Berikut ini nama SLTP yang ada di Nagari Tujuah Koto Talago.

  1. MTSN Padang Jopang
  2. Madrasah Tarbiyah  Islamiah Padang Jopang
  3. Madrasah A. Darul Funun El Albasyiah
  4. SMP IT ( SMP Islam Terpadu )
  5. Sekolah Luar Biasa  ( SLB )
  • Sekolah Lanjut Tingkat Atas  ( SLTA )
  1. MAN Padang Jopang
  2. Madrasah Tarbiyah  Islamiah Padang Jopang
  3. Madrasah Aliah  Darul Funun El Albasyiah
  4. SMK N 02 Guguak Ampang Gadang

Tabel 26Daftar SLTP, MTSN, SMP IT, ITS Pajar Hidayah,SLTA,MAN, MTI dan SMK

NO

Sekolah

Jumlah Murid

Jumlah Guru

Rasio Guru dan Murid

1

SMKN 2 Ampang Gadang

542

PNS         :  48

Honorer :  12

 

2

Madrasah Tarbiyah Islamiah Padang Jopang

SMP       :  79

SMA       :  27

PNS         :    4

Honorer :  33

35 %

3

Islamic Boarding Scool Fajar Hidayah

SD         :

SMP       :

PNS         :  

Honorer : 

 

4

SMP Islam Terpadu

42

PNS         :   2

Honorer:   4

 

5

Madrasah Aliyah Darul Funun El Albasyiah Padang Jopang

Tsanawiyah : 223

MAN            : 112

PNS        :  11

Honorer :    2

4 %

6

MAN Padang Jopang

239

PNS        :  29

Honorer :    9

16 %

 

 

 

  • Pendidikan Agama

                Tabel 27Data MDA/TPA di Nagari Tujuah Koto TalagoTahun Ajaran2019

NO

Nama MDA/TPA

Jml

Guru

Jml

Murid

Rasio Guru dan Murid

1

MDA Pendidikan Islam ( Tanjung Jati )

4

75

7,1 %

2

MDA AL Ikhsan(Ampang Gadang )

5

104

4,8 %

3

MDA Muhammadyah ( Talago)

7

87

6,9 %

4

MDA/TPA Nahdatun Nisyaiyah ( Padang Jopang)

4

96

7,4 %

5

MDA Darul Hikmah (Koto Kociak )

6

29

20 %

6

MDA Al A’raf ( Tanjung Jati)

7

130

5,1 %

7

MDA SDN 03 ( Padang Jopang )

4

45

8,8 %

8

MDA SD 06 Tujuah Koto Talago( Sipingai )

6

125

4,8 %

9

TPA Alimin Sholihan ( Padang Jopang )

5

85

10 %

10

TPA Darussalam  ( Talago )

4

30

10 %

11

Islamic Centre(Koto Kociak)

5

139

3,6 %

  • Pendidikan Non Formal

Lembaga pendidikan Non Formal di Nagari Tujuah Koto Talagoberdiri secara Swadana  untuk meningkatkan kemampuan belajar anak nagari Tujuah Koto Talago.

                                                                Tabel 28Lembaga pendidikan Non Formal

NO

Nama Lembaga

Alamat

Jml Murid

Jml Guru

Sarana Prasarana

1

BBC

Ampang Gadang

39

3

Ada

2

Shofwan Nawawi

Koto Kociak

12

3

Ada

3

Sanggar Tari “ Aur Serumpun”

Ampang Gadang

40

2

Ada

4

Sanggar “ Nan Gondo “

Tanjung Jati

42

1

Ada

 

  1. Sarana Kesehatan

Tabel 29 Sarana Kesehatan Nagari Tujuah Koto Talago

NO

Jorong

Puskesmas

Pustu

Polindes

Posyandu

Dokter

Bidan

1

Talago

0

1

0

2

1

3

2

Tanjung Jati

0

0

1

2

1

3

3

Ampang Gadang

0

1

1

2

1

2

4

Koto Kociak

1

0

1

2

1

1

5

Padang Jopang

0

0

1

2

2

3

6

Padang Kandi

1

0

1

2

0

1

7

Sipingai

0

1

1

1

0

1

 

  1. Bidang Pertanian
    • Tanaman Jagung

                Tanaman jagung adalah peluang besar. Potensi pasar jagung terutama untuk industri , pakan ternak dan industri makanan. Jagung jenis bibit unggul telah mulai dikembangkan di sawah-sawah sepanjang bantaran Batang Sinamar dan Batang Namang Jorong Koto Kociak, Padang Jopang, Padang Kandi, Sipingai ,Tanjug jati dan Talago oleh perorangan dan kelompok Tani.

  • Tanaman Cabei

Penanaman Cabaei atau yang biasa disebut dengan lado merupakan peluang agrobisnis yang sangat menjanjikan. Potensi pasar cabei adalah untuk dikonsumsi segar, sabei kering dan lain-lain.Cabai di Nagari Tujuah Koto Talago ditanam di areal persawahan sepanjang bantaran Batang Sinamar dan Batang Pinamang dan daerah perbukitan.

  • Tanaman Padi

Tanaman padi di Nagari Tujuah Koto Talago merupakan tanaman utama sebagai sumber ekonomi. Lahan persawahan di Tujuah Koto Talago cukup luas yang terhampar disepanjang kanan kiri Batang Sinamar mulai dari Padang Jopang, padang Kandi, Koto kociak dan Sipingai di sepanjang kiri kanan bantaran batang Pinamang mulai dari Tanjung Jati sampai Talago sampai perbatasan Nagari Kubag dan juga Ampang Godang.Usaha untuk meningkatkan produksi padi telah dilakukan dengancara intensifikasi dan penanaman dengan metode SRI( Sistem Rice of Intencifikation ) Dengan metode penanaman SRI dapat meningkatkan produksi padi.

  • Tanaman Ubi Kayu

Ubi Kayu ( Ubi Dumai ) di Nagari Tujuah Koto Talago mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan terutama untuk memenuhi kebutuhan Industri Ruah Tangga ( Home Industri ) yang terdapat di Nagari Tujuah Koto Talago seperti  Rubik Ganepo. rendang,  makanan ternak dan lain sebagainya.

  1. Peternakan dan perikanan

Untuk usaha peternakan dan perikanan juga berkembang dengan baik dimana adanya usaha budi daya Unggas Petelur,penggemukan ayam broiler, puyuh dan bebek, untuk hewan ternak ada sapi,kerbau dan kambing yang dipelihara oleh masyarakat baik untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga untuk dijadikan usaha pokok. Untuk budidaya perikanan di Nagari Tujuah Koto Talago adanya kebiasaan masyarakat memiliki kolam di sekitar pekarangan  rumah hal ini untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga, atau apabila acara adat berupa baralek,akikah, khatam alquran atau hari raya tidak perlu membeli ikan lagi dan sisanya sebagai tabungan yang bisa dipanen kalau ikannya sudah besar, selain itu juga ada usaha keramba jaring apung dan pembuatan bibit ikan yang dilaksanakan disekitar aliran Sungai Batang Sinamar , Ampang Godang dan Batang Simun.

 

                       Tabel 30Data Kelompok Tani, Kelompok Perikanan Nagari Tujuah Koto Talago 

NO

Nama

Alamat

Prestasi

1

Pekan selasa

Amp.Gadang

 

2

Baruh Duri

Talago

 

3

Suka Maju

Padang Kandi

 

4

Bunga Tanjung

Padang Kandi

 

5

BAS

Koto Kociak

Juara I Tk Kab.

6

Empeka

Amp. Gadang

 

7

KWT Jaya Bersama

Koto Kociak

 

8

Pulau Sepakat

Koto Kociak

 

9

KWT Setia

Padang Jopang

 

10

Padi Semato

Padang Jopang

 

11

Pasia Saiyo

Talago

 

12

Puyuh Emas

Tanjung Jati

 

13

UP FMA Nagari

Tanjung Jati

 

14

Johor Baru

Sipingai

 

15

Lengkok

Sipingai

 

16

Pito Saiyo

Padang Kandi

 

17

KWT Dewi Ratih

Koto Kociak

 

18

Super Ganepo

Padang Kandi

 

19

Sakato

Padang Jopang

 

20

KWT Ingin Maju

Talago

 

21

Gapoktan Gakosta

Koto Kociak

 

22

Gapoktan P2 A

Padang Jopang

 

23

Saraso

Padang Jopang

 

24

Dahlia Merah

Tanjung Jati

 

25

Batu Jolang

Tanjung Jati

 

26

Tanjung Raya

Tanjung Jati

 

27

GapoktanNamangLestari

Tanjung Jati

 

28

LKMA Tujuah Koto

Koto Kociak

 

29

LKMA P2AS

Koto Kociak

 

30

LM3 Darul Funun

Padang Jopang

 

31

LM3 MTI

Padang Jopang

 

32

Palo Lubuak

Sipingai

 

33

Sanior Ganepo

Padang Kandi

Juara I UP3HP Tk Provinsi Penghargaan Mentri Perindustrian ( Village One Product) OVOP

34

Nan Dicinto

Padang Jopang

 

35

Kubu Indah

Tanjung Jati

 

36

Putra Tujuh

Tanjung Jati

 

37

An-Nahal

Tanjung Jati

 

38

LKMA Saayun Salangkah

Talago

 

39

LDPM

Padang Kandi

Simpan Pinjam

40

LSKPBenta Mandiri

Padang Jopang

 

41

Pokdakan Luak Anau

Padang Kandi

 

42

Podakan Tabek Gadang

Amp Godang

 

43

Podakan Tuanku Nan Biru

Amp Godang

 

44

Pokdakan Baruah Makmur

Koto Kociak

 

45

Pokdakan Baruah Julua

Koto Kociak

 

46

Poknak Al Ikhwan

Tanjung Jati

 

47

Podakan Akbar Kabita

Amp Godang

 

 

Tabel 31Daftar Gabungan Kelompok Tani danKelompok Peternakan

No

Nama Kelompok

Bidang Usaha

1

Gapoktan P2A

Pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan, penghasil pertanian

2

Gapoktan Gakosta

Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Kehutanan

3

Gapoktan Namang Lestari

Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kehutanan

4

KWT SetiaPadang Jopang

Pertanian , perikanan, peternakan dan perkebunan

5

Poknak Puyuh MasTanjung Jati

Peternakan, Perikanan

                                                                               

Tabel 32Daftar Kawasan dan Lahan Pertanian

No

Jorong

Kawasan terbyk

Lahan Pertanian

Hutan

Semak Belukar

Kolam

Pekrgn

Total Luas

Sawah

Ladang

1

Talago

Sawah

62 Ha

18 Ha

9 Ha

12 Ha

19 Ha

25 Ha

145 Ha

2

Tj Jati

Sawah

81 Ha

26 Ha

12 Ha

17 Ha

17 Ha

34 Ha

187 Ha

3

Amp Gadang

Sawah

30 Ha

11 Ha

7 Ha

9 Ha

10 Ha

18 Ha

85 Ha

4

Koto Kociak

Pekarangan

41 Ha

36 Ha

18 Ha

24 Ha

11 Ha

49 Ha

179 Ha

5

Padang Jopang

Sawah

58 Ha

27 Ha

14 Ha

18 Ha

16 Ha

37 Ha

183 Ha

6

Padang Kandi

Sawah

85 Ha

24 Ha

37 Ha

16 Ha

17 Ha

33 Ha

212 Ha

7

Sipingai

Sawah

52 Ha

38 Ha

71 Ha

25 Ha

11 Ha

51 Ha

247 Ha

 

Jumlah

 

409 Ha

180 Ha

168 Ha

121 Ha

101 Ha

247 Ha

1.226 Ha

 

  1.         Bidang Perkebunan
    • Cacao

Diseluruh Jorong dalam Nagari Tujuah Koto Talago dijumpai tanaman cacao. Anak nagari berlomba-lomba menanam tanaman ini karena harga biji cacao tersebut cukup baik. Sebuah peluang usaha pertanian yang cukup menjajikan. Rata-rata hampir setiap kepala keluarga di Tujuah Koto Talago mempunyai tanaman cacao untuk penambah hasil pendapatan masyarakat.

  • Karet

Tanaman Pohon Karet banyak ditanam didaerah perbukitan Sipingai sampai perbukitan Padang kandi Nagari Tujuah Koto Talago. Tanaman karet dari Jorong Sipingai telah banyak menghasilan getah. Tidak kurang dari satu setengah ton per bulan hasil dari pohon karet.

  • Kelapa

Tanaman Kelapa merupakan tanaman anak Nagari Tujuah Koto Talago sejak dahulu kala,  diseluruh jorong dalam Nagari Tujuah Koto Talago dijumpai tanaman kelapa.

Pengembangan produk kelapa dapat menjadi kelapa segar,  kopra, kelapa bubuk, kelapa kaleng, minyak kelapa.

 

2.2 Profil Pemeritahan Nagari dan Lembaga Nagari

Tabel 33Data Wali Nagari dan Perangkat Nagari

No

Nama

Tanggal Lahir

Pendidikan

Jabatan

 
 

1

Yon Hendri, ss

05-03-1967

S1

Wali Nagari

 

2

Sofianis

26-04-1962

SMA

Seknag

 

3

Retnita

20-05-1971

SMA

Kaur.Pem

 

4

Herinizwar.za

13-06-1968

MAS

Kaur Pemb.

 

5

Esi Susanti,se

17-03-1975

S1

Kaur Tata Usaha dan Umum

 

6

Arismon

17-07-1978

SMA

Kasi Pemerintahan

 

7

Khairul Andri

26-10-1979

SMA

Kasi Pelayanan

 

8

Poppy Yetno

18-05-1981

S1

Kaur keuangan dan Perencanaan

 

9

Djumadil Rahman,

07-08-1969

D III

Kepala Jorong Talago

 

10

Afrizal

15-04-1972

MAS

Kepala Jorong Ampang Gadang

 

11

Irfan,A.Md

30-10-1982

SMA

Kepala Jorong Tanjung Jati

 

12

Muhammad Ridha, S.Hi

30-10-1982

S1

Kepala Jorong Padang Kandi

 

13

Feri Harianto A.Md

14-01-1970

D3

Kepala Jorong Koto Kociak

 

14

Betro Yudisman

01-09-1966

SMA

Kepala Jorong Sipingai

 

15

Yudi Permana Fakhri, A.Md

20-08-1981

D3

Kepala Jorong Padang Jopang

 

 

Tabel 34 Lembaga – Lembaga Yang ada di Nagari Tujuah Koto Talago

NO

Nama Lembaga

Jumlah

1

Badan Musyawarah  ( BAMUS )

1

2

PKK Nagari

1

3

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM )

1

4

Koperasi

4

5

Kredit Mikro Nagari

1

6

Koperasi Simpan Pinjam

6

7

Gabungan Kelompok Tani  ( GAPOKTAN )

3

8

Kelompok Tani

28

9

Kelompok Wanita  ( KWT )

4

10

UP. FMA Nagari Tujuah Koto Talago

1

11

Kelompok UP3HP

2

12

Lembaga Mandiri yang mengakar di masyarakat ( LM3 )

2

13

Lembaga Distribusi Pangan Manyarakat ( LDPM )

1

14

Pos Penyuluhan Pertanian

1

15

Kelompok Imformasi Masyarakat

1

16

Karang Taruna Tujuah Koto Talago

1

 

Tabel 35Badan Permusyawaratan  (bamus) Nagari Tujuah Koto Talago

N0

NAMA

JABATAN

1

Drs. Syofwan R Bendang

Ketua

2

Zamrefrida, Spd

Sekretaris

3

Drs. Maizul Basyar

Wakil Ketua

4

Drs. Akmal

Anggota

5

Retni Yenti, SPd

Anggota

6

Musnal

Anggota

7

Muhammad Yahya

Anggota

8

Syamsi

Anggota

9

Nova Riza

Anggota

 

Tabel 36 Pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat ( LPM ) Nagari Tujuah Koto Talago Periode 2013-2018

NO

NAMA

JABATAN

ALAMAT

1

Dedi Andri

Ikhsan

Wiwi Anthoni

Ketua

Sekretaris

Bendahara

Talago

Tanjung Jati

Ampang Godang

 

2

Seksi Pembinaan Agama, Adat dan Pendidikan

Andrew Albert

Koordinator

Ampang Godang

3

Seksi Pembinaan K3 dan Lingkungan Hidup

Masri

Koordinator

Talago

4

Seksi Pembinaan Pereonomian dan Koperasi

Z. Dt. Linjuang Sati

Koordinator

Tanjung Jati

5

Seksi Pembinaan Kependudukan dan Kesehatan

H.Irwan Suhendri

Koordinator

Padang Jopang

6

Seksi Pembinaan Sosial dan Kesejahteraan Keluarga

Derita Kelana

Koordinator

Ampang Godang

7

Seksi Pembinaan Pemuda dan  Olah Raga

dr. Saiful

Koordinator

Ampang Godang

8

Seksi Kesenian dan Budaya

Irsal Haitar

Koordinator

Tanjung Jati

 

 Tabel 37 Pengurus Bundo Kanduang Nagari Tujuah Koto Talago

 

N0

Nama

Jabatan

1

ny. Azizah Yon Hendri

Ketua

2

hj. Amdalisma

Sekretaris

3

Yurni Kamal

Wakil Sekretaris

4

Zamrefrida

Bendahara

5

Yan Elfi

Ketua ( bid.organisasi )

6

Rosdiana

Angt ( bid. Organisasi )

7

Elda

Ketua ( bid.Penddk & Keby)

8

hj. Maidanisdarnis

Angt ( bid.Penddk & Keby )

9

Khaidarnis

Ketua ( bid Kesejateraan )

10

Erlinda

Angt ( bid. Kesejahteraan )

 

Tabel 38Pengurus Kerapatan Adat Nagari ( Kan )  Tujuah Koto Talago

NO

NAMA

JABATAN

URUSAN

 

1

Yon Hendri,ss

Wali Nagari

Pelindung

 

2

Dt.Bandaro Hitam

 

Penasehat

 

3

Dt.Pucuak Suku

 

Penasehat

 

4

Arfi Dt.Rajo Mangkuto

Ketua KAN

 

 

5

Afdal Dt.Paduko Tuan

Wakil Ketua

 

 

6

Idem Paguna Dt. Rajo Adia

Sekretaris

 

 

7

Afrizal Dt. Bnadaro Gomuak

Wkl. Sekretaris

 

 

 

Usman Jurid Dt.Patiah

Bendahara

 

 

9

Zlfian dt.Patiah

Wkl. Bendahara

 

 

urusan organisasi kewarisan dan keanggotaan

10

hj. nurkhasti

Ketua

 

 

11

diasmur dt. rajo malenggang

Anggota

 

 

12

h.adi kamal dt majo indo

Anggota

 

 

urusan penyelesaian sengketa sako dan pusako

13

h.ermizal dt. perpatiah

Ketua

 

 

14

iswar sani dt.bosea nan panjang

Anggota

 

 

15

muslih dt pangka sinaro

Anggota

 

 

urusan pemberdayaan tanah ulayat /asset nagari

16

safrialdi dt. diko

Ketua

 

 

17

ajuzi dt. damuanso

Anggota

 

 

18

irwan dt. baro singo

Anggota

 

 

19

wazni wahi dt sotia

Anggota

 

 

urusan pemuda dan permainan anak nagari

20

yohasman dt baro

 

 

 

21

mailizar dt. bosa nan bakoruik

 

 

 

22

tosman dt rajo imbang

 

 

 

23

wilzon hendri dt bijayo

 

 

 

24

musnal dt majo bosea

 

 

 

  • 12 Juni 2021

Statistik

Link Banner

Informasi Kontak

Alamat kantor:

Jl. Tan Malaka Km.14 Kecamatan Guguak 


Telephone:
Email: -
Website: kec-guguak.limapuluhkotakab.go.id