NAGARI KUBANG


Kenagarian KUBANG merupakan suatu dataran tinggi (munggu) yang terletak dalam suatu cekungan, dikitari dataran rendah dimana mengalir sungai-sungai kecil yang berhulu di perbukitan yang melingkari sebagian besar kenagarian itu.Di bagian selatan berdiri tegak dengan megahnya BUKIT BONCAH yang terjal dengan AUR SONGGENG yang terkenal sebagai tempat perhentian (terminal) bagi peladang dan pemburu, sebelum meneruskan perjalanannya ke ladang Boncah atau Sungai Talang. Di Aur Songgeng ini pemandangan sangat indah dan angin berembus dengan sejuknya karena tepat berada di punggung bukit. Aur Songgeng ini nyaman sekali untuk melepaskan lelah setelah mendaki, sambil menikmati makanan kecil.

Di tengah-tengah badan Bukit Boncah ini terdapat Batu Besar yang berhimpit yang di bawahnya terdapat gua yang disebut Gua BATU JOLANG. Di Bukit Boncah ini juga terdapat RIMBO BODAK (CIBODAK = nangka), dan Rimbo Dt Abai yang menjadi sumber air bersih Mesjid Raya Kubang sejak tahun 1930 an. Air ini dialirkan dengan pipa besi sepanjang kali. 2 1/2 kilometer dari kaki bukit.

Di sebelah barat, sebagai lanjutan dari Bukit Boncah terbentang melandai Bukit Lambe dan Rimbo Godang yang merupakan salah satu hulu sungai Batang Pinamang. Di kaki rimbo godang ini terletak jorong (Kampung) Tanjung Barulak, yang jalannya ditutupi batu-batu alam yang keras dan runcing. Di bagian Barat Laut dan Utara terdapat tanah perbukitan yang landai yang dijadikan daerah persawahan dan ladang yang berjenjang dari kaki perbukitan sampai ke punggung bukit. Di sini terdapat Kampung TARATAK dan SIAMANG BUNYI. Kedua kampung ini sekalipun berada di daerah perbukitan sudah dapat dicapai dengan kenderaan roda empat, karena kondisi jalanya cukup baik.

Di bagian utara terdapat BUKIT BUNIAN yang menjulang tinggi dan seram serta angker. Di waktu malam hari sering terlihat cahaya api yang berkelap kelip dari kejauhan. Kalau anak-anak menanyakan cahaya apa itu, selalu dijawab sampai sekarang bahwa cahaya itu adalah "api orang Bunian". Benar atau tidak Allhu Aklam. Di kaki Bukit LIPAI dan BUKIT BUNIAN ini terletak jorong LIMO KOTO dan jorong KOTO SYARIKAT.

Jalan jalan membentang membelah persawahan rakyat, khususnya yang menuju jorong Tanjung Barulak dan jalan yang menujug ke jorong Taratak dan Koto Syarikat. Jalan yang berkelok berliku-liku, turun naik bukit yang mengasyikkan dan mempesona terdapat mulai dari Sawah Tengah menuju Taratak sampai ke Siamang Bunyi.

Pemandangan alam yang terdapat di Simpang Sugiran dengan adanya tebing-tebing batu Tuff, berpasir putih yang terjal. Di kakinya mengalir Batang BELUBUS dengan air sungai yang bening, sejuk dan nyaman.

Di tengah persawahan terdapat sebuah Bukit kecil yang membujur dari arah Barat ke Timur bagaikan seekor Singa yang sedang tidur yaitu BUKIT KUMPA. Sebelum malapetaka Sumatra disease yang menimpa pohon cengkeh, Bukit Kumpa ini menghijau dengan pohon cengkeh yang rimbun subur. Kini Bukit itu sudah menjadi sarang Babi Hutan yang sering merajalela merusak padi dan tanaman rakyat yang berada di kaki bukit itu. Di dekat kampung Manggis dan Sipisang terdapat pula sebuah bukit kecil BUKIT SEGAR, yang dahulu bernama BUKIT SOGE karena di situ tumbuh pohon enau jantan yang biasanya mempunyai SOGE JANTAN.

Kenagarian Kubang terletak dalam wilayah Kecamatan Guguk, Kabupaten Lima puluh Kota, Propinsi Daerah Tingkat I Sumatra Barat berbatasan:

Sebelah Timur: dengan Kanagarian VIII Koto Guguk dan Kanagarian Sungai Talang Kecamatan Guguk.

Sebelah Barat: dengan Kanagarian Suliki, Kecamatan Suliki Gunung Mas.

Sebelah Utara: dengan Kanagarian VII Koto Talago, Kecamatan Guguk dan Kanagarian Limbanang Kecamatan Suliki Gunung Mas.

Sebelah Selatan: dengan Kenagarian Suwayan, Kecamatan Kota Payakumbuh.

  • 18 Februari 2020

Statistik

Link Banner

Informasi Kontak

Alamat kantor:
Telephone:
Email: -
Website: kec-guguak.limapuluhkotakab.go.id